+44(0) 1234 567 890 info@domainname.com

Selasa, 29 April 2014

Seperti Inilah Cara Kerja Memori Manusia

08.34

Share it Please

Proses Kerja Memori Manusia


Home - Manusia merupakan makhluk hidup yang paling sempurna diantara semua makhluk hidup yang lain. Manusia juga memiliki struktur dan fungsi otak yang kompleks (rumit). Saking rumitnya, banyak hal yang harus diketahui dan diselesaikan oleh manusia. Pernahkah Anda melihat hewan-hewan pada kuliah? Pernahkah Anda melihat hewan yang galau karena ditinggal betinanya?? Tidak, semua itu hanya terjadi pada manusia. Karena manusia dapat berfikir, sedangkan hewan hanya menggunakan instingnya. Nah, salah satu hal yang mempengaruhi berfikir adalah memori.

Memori merupakan tempat penyimpanan segala informasi yang di dapat manusia, melalui panca indranya seperti mata, telinga, hidung, kulit, lidah. Memori merupakan bagian yang konstruk (tidak dapat dilihat) dalam diri manusia, tetapi itu ada.

Cara Kerja Otak/ Memori Manusia 

Proses penyimpanan informasi dalam memori

Memori memiliki 3 bagian yang sangat penting dalam proses penyimpanan informasi, yaitu sistem sensori memori, memori jangka pendek, dan memori jangka panjang.

A. Sistem Sensori Memori

Informasi-informasi yang Anda dapat melalui panca indra Anda merupakan fungsi dari sistem sensori memori Anda. Contoh sederhananya, waktu Anda kecil, tahukah Anda kalau api itu panas dan es itu dingin??? Tentu tidak. Akan tetapi, ketika Anda mendekatkan sedikit tubuh Anda ke api, apa yang dirasakan?? Kita bilang ada rasa yang tidak enak laa pokoknya. Pada saat yang bersamaan, orang tua Anda mengatakan "eh jangan dekat-dekat dengan api itu panas dan berbahaya untuk kita"

 
B. Memori Jangka Pendek

Sistem memori jangka pendek atau biasa disebut Short Term Memory (STM), merupakan tempat penyimpanan informasi sementara yang berasal dari sistem sensori memori tadi. Informasi yang di dapat dari sistem sensori memori tadi akan di bawa ke memori jangka pendek. Disinilah dapat terjadi proses yang dinamakan persepsi (memaknai apa yang kita dapat dari sistem sensori memori untuk dijadikan satu kesatuan yang dapat dipahami). Informasi tentang api tadi. Anak mulai belajar menggabungkan antara api dengan panas. Sehingga munculah konsep bahwa api itu panas.

Informasi yang berada dalam memori jangka pendek hanya dapat bertahan 10-30 detik tanpa usaha sadar (mengingat). Misalnya, Anda melihat nomor telepon sedot WC, 5984732. Anda hanya sekedar melihat, tidak ada usaha sadar untuk mengingat nomor telepon tersebut dalam pikiran Anda. Maka informasi ini hanya bisa bertahan selama 10-30 detik. Akan tetapi, jika Anda terus mengulang-mengulang informasi tersebut, maka sangat besar kemungkinan informasi itu masuk ke dalam sistem memori yang terakhir yaitu, memori jangka panjang.

C. Memori Jangka Panjang

Memori jangka panjang merupakan tempat penyimpanan informasi yang tidak ada kapasitasnya dan informasi yang ada di dalamnya tidak akan bisa dilupakan, kecuali ada sesuatu yang terjadi dalam otaknya baik secara fisik maupun psikologis.

Informasi-informasi yang sering diulang dalam memori jangka pendek tadi akan diteruskan ke dalam memori jangka panjang untuk penyimpanan selama-lamanya. Informasi yang mempunyai kesan tersendiri sama kita, akan sangat mudah untuk mendapatkan posisi langsung dalam memori jangka panjang kita. Misalnya pengalaman traumatis, seperti meninggalnya orang tua kita, bencana alam seperti tsunami di Aceh semalam. Hal-hal seperti ini biasanya akan langsung masuk dalam memori jangka panjang.

Informasi-informasi yang kita dapat selama ini, itulah yang dapat kita katakan sebagai pengalaman. Melalui pengalaman inilah manusia dapat berfikir, membanding suatu hal, menyelesaikan permasalahan hidup, dan masih banyak lagi.

Bukti bahwa informasi dalam memori jangka panjang sangat lama tersimpan, Pernahkah Anda lupa bahwa gula itu manis, garam itu asin, api itu panas, es itu dingin??? Tentu tidak. Sampai Anda tua nanti, Anda pasti masih mengenal konsep tersebut.

Mungkin sekian informasi yang dapat saya sampaikan dalam artikel ini, semoga bermanfaat bagi yang membaca ^^

Sekian artikel saya tentang

Bagaimana cara kerja memori manusia???


1 komentar: