+44(0) 1234 567 890 info@domainname.com

Kamis, 03 April 2014

6 Fakta Unik Tubuh Manusia Yang Tidak Anda Duga

17.11

Share it Please

Fakta Unik Yang Bisa Dilakukan Oleh Tubuh Manusia



Dunia Unik - Ternyata memang benar anggapan bahwa manusia itu adalah makhluk yang paling sempurna di bandingkan makhluk-makhluk yang lain. Coba saja Anda bayangkan, apabila Anda makan, kemudian makanan itu dicerna, maka tinggalah sisa-sisa makanan yang akan dibuang dari tubuh melalui anus. Bayangkan, jika tubuh tidak mengerti bagaimana caranya agar sisa-sisa makanan itu dibuang. Bisa gawat -_-
Tapi yaa itu tadi, mekanisme tubuh kita ini sudah di atur oleh sang pencipa, akan seperti ini dan ini. 



Mungkin proses mencerna makanan di atas adalah hal yang cukup sering Anda dengar. Nah, disini terdapat 6 fakta unik yang tidak pernah Anda duga tentang "tubuh manusia". Dikutip dari Body and Soul, Selasa (18/2/2014).

6 Fakta Unik Tentang Tubuh Manusia


1. Keringat Dapat Menjadi Kunci Forensik

Manusia memiliki  2-4 juta kelenjar keringat yang membantu suhu tubuh. Perempuan memiliki lebih banyak kelenjar keringat dibandingkan pria.  Profesor David Ranson dari Victorian Institute of Forensic Medicine mengatakan keringat juga bisa jadi kunci forensik. Bagaimana bisa???

Sebuah studi menemukan bahwa DNA bisa di dapat melalui sidik jari yang ditempelkan di ketiak, karena ada banyak sel yang menempel di sidik jari yang berasal dari keringat.

2. Rambut memiliki DNA

Kebanyakan orang sangat senang mengurus rambutnya. Tahukah Anda, bahwa Setiap folikel rambut memiliki DNA dan sel khusus bagaikan tambang emas yang jika terlepas, bukan terpotong, bisa jadi alis, bulu mata, dan rambut di tubuh," papar Ranson.

3. Ada 1000 Bakteri Baik di Kulit

Ada sampai 1.000 jenis bakteri baik yang hidup di kulit kita dan membantu pergantian sel serta menjaga kekebalan tubuh. Menurut dr Ginni Mansberg, tidak ada orang yang memiliki komponen bakteri yang sama.

"Sampai saat ini ilmuwan sedang menyelidiki sampel bakteri dari telapak tangan untuk melihat kemungkinan apakah suatu hari bakteri tersebut bisa digunakan untuk mencocokkan DNA dalam pengungkapan kasus kriminal. Dalam hal ini digunakan jejak bakteri, bukan sidik jari," papar Mansberg.

4. Tubuh Cepat Rusak Ketika Meninggal

Ya, ini adalah hal yang sangat lazim terjadi. Beberapa organ akan mulai rusak tetapi sebagian besar kerusakan jaringan dilakukan oleh bakteri dari usus.

"Mereka bermigrasi bebas ke bagian tubuh lain dan menyebabkan perubahan warna kulit, pertama di perut, wajah, dan tubuh lainnya. Dalam kondisi panas dan lembab, tubuh akan membusuk dalam beberapa jam," jelas dr Jacqueline Lee, ahli patologi di Victoria Institute of Forensic Medicine.

5. Kulit akan terus beregenerasi

Kulit terus memproduksi sel-sel kulit baru di lapasan dasar, untuk mendorong sel-sel kulit mati keluar dari tubuh. Prof Ranson mengatakan hampir semua kulit di bagian tubuh mati, kecuali pada mata. Tubuh terdiri dari 1,6 triliun sel-sel kulit yang hilang dan tubuh menggantinya dalam waktu 30.000-40.000 jam lalu beregenerasi setiap 30 hari. 

6. Kotoran Manusia Bukan Hanya Tinja dan Urine 

Kotoran-kotoran manusia, bukan hanya bisa ditemukan di toilet saja. Akan tetapi, juga pada remote TV, sikat gigi, gagang pintu, dan lain-lain. Sebuah studi di Amerika Serikat menemukan 72 persen troli belanjaan mengandung kotoran dari tubuh manusia dan 50 persen mengandung bakteri E.Coli. 

Sementara penelitian di Inggris menemukan ada kotoran dari tubuh manusia pada satu dari enam ponsel. E.Coli seperti diketahui bisa menyebabkan batuk, pilek, dan virus gastro. Menurut Mansberg, memakai tisu antibakteri sebelum beraktivitas tak terlalu menolong karena hasilnya tergantung dari jumlah bakteri yang ada.

"Di sisi lain, urine lebih steril karena hanya sementara berada di kandung kemih dan hanya terkontaminasi beberapa kuman saat dikeluarkan. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk tetap menjaga kebersihan tangan dengan rutin mencucinya, terutama selama 60 detik setelah ke toilet," kata Mansberg.

Sekian artikel saya tentang

Fakta-fakta unik tentang tubuh manusia


sumber: faktaunikmenarik.blogspot.com

1 komentar:

  1. Titanium's Wok - The Fastest of the Road
    With the last titanium wedding band sets of the year's titanium wallet best bike race results, guy tang titanium toner you've titanium meaning got all the best of the best, and the best on the bike. We have the best titanium white odds and the

    BalasHapus