+44(0) 1234 567 890 info@domainname.com

Kamis, 01 Mei 2014

Ini dia 5 Fungsi Dari Otak Kanan Yang Harus Diketahui

09.00

Share it Please

Fungsi-fungsi dari otak kanan


Home - Otak merupakan bagian paling penting bagi manusia. Disanalah semua di atur melalui saraf-saraf yang terhubung satu sama lain. Seperti ketika Anda lapar. Otak akan memberikan sinyal kalau tubuh Anda membutuhkan asupan makanan. Ketika tangan Anda luka karena sesuatu, otak memberi sinyal berupa rasa sakit.

Otak manusia terbagi dalam beberapa bagian salah satunya yang paling sering kita dengar adalah otak kanan dan otak kiri. 



Memahami kerja otak manusia

Silakan menilai sendiri meja kerja Anda. jika rapi, maka belahan otak kiri Anda lebih dominan ketimbang otak kanan. Anda dapat menyebut diri sebagai  left  brainer.  Sedang jika acak-acakan,    belahan   otak   kanan Anda lebih menonjol dibanding otak kiri, sehingga Anda. bisa dijuluki right brainer.

Sebelum lanjut, perlu diketahui bahwa mahluk yang mempunyai otak tidak hanya manusia tetapi juga hewan.  Untuk tulisan ini difokuskan pada otak dari mahluk yang bernama ‘manusia’, insan atau orang.

Fungsi otak kiri dan otak kanan

Yang terbiasa dengan meja acak-acakan tak perlu kecil hati, karena itu cerminan kreativitas. Seorang sutradara film yang membutuhkan karya kreatif lebih banyak menggunakan otak kanannya, sementara manager dan kebanyakan ilmuwan dalam dunia matematika lebih sering menggunakan otak kiri.

Dalam melakukan pendekatan pemecahan masalah yaitu berkaitan dengan fungsi otak kiri yaitu logika, angka, tulisan, kecerdasan, hitungan, analisa, dan untuk ingatan jangka pendek (short term memory) yang menyatakannya dengan menunjukkan fakta disertai unitan yang logis, seperti fakta, analisis, tahap demi taha dan, perhitungan angka-angka,. Sedangkan otak kanan berdasarkan pada spontanitas apa yang ada dalam pikiran untuk ingatan jangka panjang (long term memory) yang, dikonsepkan dalam intuisinya, seperti imaginasi, bentuk, suara dan gerakan, kreativitas, , musik, warna, dan emosi.


5 Fungsi Otak Kanan


A. Imajinasi

Imajinasi dan melamun sangatlah berbeda. Ketika seseorang berimajinasi, biasanya dia lebih memiliki tujuan yang nyata. Misalnya, parah desingner baju pengantin. Mereka akan berusaha membuat bermacam jenis-jenis baju pengantin yang baru. Akan tetapi, sebelum membuat baju itu menjadi nyata, mereka akan membuat gambaran baju tersebut dalam imajinasinya. Lalu, imajinasi mereka dituangkan dalam sebuah gambar yang kemudian akan dijadikan nyata. Sedangkan melamun arah tujuannya tidak jelas. Misalnya, Anda aku bisa menikah dengan Julia Perez.

B. Kreativitas

Fungsi otak kanan yang kedua adalah "kretivitas". Kreativitas ini bisa dibilang kemampuan seseorang menciptakan sesuatu yang berbeda dengan orang lain. Misalnya, begitu banyak sekarang kreasi-kreasi makanan yang dibuat, seperti gurami terbang, risol isi es krim, dan lain-lain

C. Emosi

Semua emosi di atur oleh otak kanan Anda. Otak kanan Anda lah yang sangat berperan dalam menciptakan emosi seperti, takut, sedih, marah, dll. Untuk lebih lengkap tentang emosi bisa dibaca pada artikel saya berikut ini >>Pengertian dan Jenis-Jenis Emosi <<

D. Intuisi

Intuisi adalah istilah untuk kemampuan memahami sesuatu tanpa melalui penalaran rasional dan intelektualitas. Sepertinya pemahaman itu tiba-tiba saja datangnya dari dunia lain dan di luar kesadaran. Misalnya saja, seseorang tiba-tiba saja terdorong untuk membaca sebuah buku. Ternyata, di dalam buku itu ditemukan keterangan yang dicari-carinya selama bertahun-tahun. (wikipedia).


E. Melihat secara holistik (keseluruhan)

Kepribadian dengan otak kanan akan cenderung melihat hal-hal dengan cara holistik, daripada memperhatikan rincian halus. Dia memiliki kemampuan untuk memahami dan menghargai gambaran yang lebih besar, untuk arti yang lebih dipahami. Orang berotak kiri lebih suka melihat ke dalam rincian halus dan menganalisa mereka.

Sekian artikel saya tentang "apakah fungsi dari otak kanan", semoga bermanfaat. Jangan lupa baca juga artikel lainnya tentang >> Seperti inilah kerja memori manusia <<



0 komentar:

Posting Komentar