+44(0) 1234 567 890 info@domainname.com

Minggu, 06 April 2014

Fenomena Hipnosis Yang Sering Terjadi dan Cara Mengatasinya

12.07

Share it Please

Fenomena hipnosis dan cara mencegah penipuan hipnosis


Dunia Psikologi - Kata hipnosis sedang naik daun akhir-akhir ini dan mulai diterima oleh sebagian masyarakat dalam pengguanaanya sebagai pengobatan alternatif. Hipnosis merupakan salah satu cara efektif untuk menghilangkan kebiasaan buruk dan mengubahnya menjadi lebih baik. 

Sebagai contoh, secara sadar semua orang mengetahui bahwa makanan enak biasanya mengandung lemak dan kolesterol yang tinggi, penyebab penyakit jantung dan kanker. Namun, secara bawah sadar semua orang selalu ingin menikmati makanan yang enak dan berlemak tersebut. Hipnosis digunakan untuk memberikan motivasi ke pikiran bawah sadar untuk bekerja sama dengan keiinginan dan tujuan sadar untuk membantu mencapai sukses yang diinginkan.



Fenomena Hipnosis Untuk Kejahatan atau Kebaikkan??


Suatu malam ketika Andi baru sampai di depan halaman rumah, tiba-tiba ada seorang anak muda muncul dan bertanya, "Maaf pak, saya boleh minta tolong?? Saya sedang dikejar orang karena dicurigai selingkuh. Saya sakut sekali. Mohon bisa menitipkan motor dan besembunyi sementara di rumah bapak."

Andi sedikit kaget mendengarnya dan selama 3 detik pertama pikirannya sempat hilang (tidak fokus). Bahkan, dia sempat mempercayai anak muda tersebut serta mencoba mendengar keluhannya. Pikiran rasionalnya sempat terganggu. Rasa kaget dan iba bercampur aduk menjadi satu membuat pikiran menjadi tidak fokus. Andi pun hanya terdiam dan menganggukan kepala beberapa kali.

"Tolong pak, saya takut sekali. Orang tersebut terus mengejar dan menunggu saya di ujung gang. Saya takut sekali karena warga sini. Tolong biarkan saya masuk dan bersembunyi di rumah bapak", kata anak muda tersebut.

Beruntung, istri saya yang duduk di dalam mobil merasakan kejanggalan anak muda tersebut. Dia membuka jendela mobil dan berkata dengan nada sedikit kerasa, "Ada apa malam-malam begini?? Kalau ada perlu bicara dengan keamanan saja!!"

Seperti dibangunkan dari hipnosis, sejenak fokus pikiran Andi kembali dan merasakan ada yang kurang beres. "Tidak!", jawab Andi. Kamu tunggu di sini, saya panggil keamanan ke sini. Anak muda tersebut merasa kaget.

"Kalau begitu, maukah bapak mengantar saya ke depan?? Saya takut jalan sendirian. Saya pasti sudah ditunggu di ujung gang", kata anak muda tersebut.

"Tidak bisa! Kamu jalan sendiri saja. Ada keamanan dan polisi di ujung gang sana. Kamu akan aman disana. Saya tidak bisa membantu. Cepat jalan!!", kata Andi dengan raut muka penuh emosi Akhirnya, dengan wajah kesal anak muda tersebut bergegas mengendarai sepeda motorya. 

Contoh kejadian di atas merupakan salah satu modus yang dilakukan oleh penjahat, Teknik hipnosis digunakan untuk memperdaya korbannya. Pikiran dan kesadaran sempat terkecoh untuk beberapa saat. Tidak bisa dibayangkan kejadiannya jika Andi diperdayai dan orang tersebut masuk ke dalam rumah.
Bisa saja orang tersebut masuk ke dalam rumah dan menguras harta benda serta perhiasan karena saya dalam keadaan tidak sadar atau terhipnotis olehnya. Bahkan, mungkin saja ketika saya mengantarkan orang tersebut ke ujung gang saya akan diarahkan untuk pergi ke ATM terdekat dan menguras semua uang yang ada. Kerugian yang timbul akibat penipuan hipnosis berkisar antara puluhan juga hingga milyaran rupiah.

Cara menangani kasus-kasus penipuan melalui hipnosis


1. Selalu waspada dengan orang asing yang Anda jumpai di sekitar Anda

2. Jika dia bertanya, jawablah pertanyaan dia, tapi coba alihkan pikiran Anda dengan hal lain. Jadi, misalnya ada yang nanya, "mbak blok M di dekat mana yaa?". Nah, Anda jangan terfokus dengan blok M nya. Sambil memberitahu penanya tersebut, cobolah untuk memfokuskan ke hal yang lain, seperti pekerjaan rumah.

3. Jika seseorang yang baru Anda kenal mendesak Anda untuk melakukan sesuatu, misalnya "Mbak bisa minjam hpnya?? Tolong sekali mbak, saya harus menelpon keluarga saya. Tolong mbak". Jangan turutin kemauannya. 

Sekian artikel saya tentang

Fenomena-fenomena hipnosis yang pernah terjadi



0 komentar:

Posting Komentar