+44(0) 1234 567 890 info@domainname.com

Jumat, 02 Mei 2014

Kemampuan/Fungsi Dari Otak Kiri

20.16

Share it Please

Fungsi Otak Kiri


Home - Pada kesempatan kali ini, saya ingin melanjutkan artikel saya tentang fungsi-fungsi dari otak. Pada artikel sebelumnya saya telah membahas sedikit fungsi dari otak kanan. Untuk selengkapnya dapat melihat disini Ini dia 5 fungsi dari otak kanan

Pernahkah Anda ditanyakan, apakah kamu lebih dominan otak kanan atau otak kiri?? Tentunya Anda akan sulit untuk menjawabnya. Ada beberapa hal untuk mengetahui hal tersebut, tapi akan kita bahas pada artikel berikutnya. Apapun tipikal otak Anda, sebenarnya pasti ada kelebihan dan kekurangannya. Tipikal-tipikal otak Anda, akan mempengaruhi bagaimana cara berprilaku Anda dan ini akan menunjukkan kepribadian Anda. 



Akan tetapi, sekarang banyak cara untuk menyeimbangkan bagian otak yang sering digunakan. Sebenarnya satu yang menjadi pertanyaan untuk hal tersebut, Andai kata A adalah orang yang dominan otak kanan dan dia ingin menyeimbang otak kirinya, ciri apa yang menunjukkan bahwa otak kirinya sudah seimbang dengan otak kanan?? dan apakah hal tersebut akan mempengaruhi bagaimana cara A berprilaku?? Saya belum menemukan jawaban dari pertanyaan ini.

Oke, sekarang kita balik ke pembahasan artikel hari ini tentang fungsi-fungsi dari otak kiri, yaitu:


4 Fungsi Penting dari Otak Kiri


A. Logika

Otak kiri sangat berperan dalam fungsi logika atau berfikir secara rasional. Rasional yang dimaksud adalah dapat diterima oleh akal sehat. Orang-orang yang otak kirinya dominan, akan selalu mencari/membuktikan suatu hal sampai dapat diterima oleh akal sehatnya. Misalnya, kematian Paul Walker yang sempat menjadi menggemparkan dunia. Kel A berpendapat "bahwa tidak ada mungkin Paul Walker masih hidup, jelas-jelas mobilnya sudah hancur lebur". Kel B berpendat "sepertinya akun twitter yang menyatakan bahwa Paul Walker mati, adalah berita hoax karena bla..bla..blaa". 

B. Menganalisis Secara Terperinci

Otak kiri sangat berfungsi dalam proses menganalisis. Misalnya, ada suatu permasalahan. Orang-orang yang dominan otak kirinya, akan suka mencari sebab dari akar permasalahan tersebut sampai pada akar-akarnya

C. Sistematis

Berfikir secara sistematis adalah fungsi dari otak kiri. Sistematis dapat dikatakan secara berurutan. Misalnya dalam membahas sesuatu, Anda membahas dari umum - khusus. Contoh, Anda ingin membahas tentang memori jangka panjang. Anda membahas terlebih dahulu keseluruhannya tentang memori. Apa itu memori, apa itu fungsi memori, pembagian memori, baru ke memori jangka panjangnya (khusus).

D. Praktis

Otak kiri tidak menyukai suatu hal yang ribet atau berbelit-belit. Dia lebih menyukai suatu hal yang praktis, seperti dalam memilih makanan, pakaian, dan lain-lain

Para ilmuwan biasanya lebih menggunakan otak kiri, sedangkan para seniman biasanya lebih dominan otak kanan. Untuk mengenal lebih jauh antara otak kiri dan kanan dapat melihat tabel di bawah ini.

Otak KiriOtak Kanan
Menggunakan logikaMenggunakan perasaan
Berorientasi detailBerorientasi secara keseluruhan
Melihat faktaMelihat imajinasi
Kata-kata dan bahasaSimbol dan gambaran
Hari ini dan masa laluHari ini dan masa depan
Matematika dan ilmu pengetahuanFilosofi dan religi
MengetahuiMemahami
MengetahuiMempercayai
MengakuiMengapresiasi
Mempersepsi urutan/polaMempersepsi secara spasial/ruang
Mengetahui nama objekMengetahui kegunaan objek
Berdasar pada realitaBerdasar pada fantasi
Menyusun strategiBerdasar pada apa yang terjadi
PraktisTerburu-buru/tidak sabar
Bermain amanMengambil resiko

Sekian artikel saya tentang

Fungsi-fungsi dari otak kiri







0 komentar:

Posting Komentar